Langsung ke konten utama

Remote Procedure Call (RPC)

Definisi
RPC adalah sebuah metode yang memungkinkan kita untuk mengakses sebuah prosedur yang berada di komputer lain. Untuk dapat melakukan ini sebuah server harus menyediakan layanan remote procedure. Pendekatan yang dilakukan adalah sebuah server membuka socket, lalu menunggu client yang meminta prosedur yang disediakan server. RPC masih menggunakan cara primtif dalam pemrograman yaitu menggunakan paradigma procedural programming.

Tujuan
RPC digunakan untuk administrasi sistem sehingga seorang administrator jaringan dapat mengakses sistemnya dan mengelola sistemnya darimna saja, selama sistemnya terhubung ke jaringan.
Socket
RPC menggunakan socket untuk berkomunikasi dengan proses lainnya.

Cara Kerja RPC
Tiap prosedur yang dipanggil dalam RPC, maka proses ini harus berkoneksi dengan server remote dengan mengirimkan semua parameter yang dibutuhkan, menunggu balasan dari server dan melakukan proses kemudian selesai. Proses di atas disebut juga dengan stub pada sisi klien. Sedangkan Stub pada sisi server adalah proses menunggu tiap message yang berisi permintaan mengenai prosedur tertentu.

Implementasi RPC
Untuk proses nya kurang lebih sama dengan RMI. Kalau RMI kita mengenal proxy dan skeleton, pada RPC dikenal dengan Stub( Client stub dan Server stub).
Remote Reference Modul dan Communication Modul berada pada tatanan sistem operasi.
Contoh implementasi adalah Sun Microsystems Open Network Computing (ONC) : RPC specification, XDR (eXternal Data Representation) standard, UDP atau TCP transport protocol. Xerox Courier : RPC model, Data representation standard, XNS (Xerox Network
Systems) SPP (Sequenced Packet Protocol) sbg transport protocol, Apollo s Network Computing Architecture (NCA), RPC protocol, NDR (Network Data Representation).
Langkah-langkah dalam RPC

  1. Prosedur client memanggil client stub
  2. Client stub membuat pesan dan memanggil OS client
  3. OS client mengirim pesan ke OS server
  4. OS server memberikan pesan ke server stub
  5. Server stub meng-unpack parameter-parameter untuk memanggil server
  6. Server mengerjakan operasi, dan mengembalikan hasilnya ke server stub
  7. Server stub meng-pack hasil tersebut dan memanggil OS server
  8. OS server mengirim pesan (hasil) ke OS client
  9. OS client memberikan pesan tersebut ke client stub
  10. Client stub meng-unpack hasil dan mengembalikan hasil tersebut ke client
Contoh RPC dengan SUN RPC
Fungsi yg dipanggil client melalui RPC:
bin_date_1:
No arguments.
Result in long integer: waktu saat ini, dlm jumlah detik sejak 00:00:00 GMT,
January 1, 1970.
str_date_1
Mengkonversi hasil bin_date_1 menjadi readable ASCII sring.
Berkas yg dibuat programmer:
Server procedure: date_proc.c
RPC specification file: date.x
Client main function: rdate.c
date.x -> rpcgen ->
Server stub: date_svc.c
date.h
Client stub: date_clnt.c
Generate executable client program:
cc o rdate rdate.c date_clnt.c lrpclib
Generate executable server program:
cc o date_svc date_proc.c date_svc.c lrpclib


sumber: http://pyia.wordpress.com/2012/01/08/rmi-remote-method-invocation-dan-rpc-remote-procedure-call/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pro Evolution Soccer 2011-RELOADED [ Mediafire ]

Release Group: RELOADED Release Name: Pro.Evolution.Soccer.2011-RELOADED Release Date: 01-10-2010 Retail Date: 08-10-2010 Filename: rld-pe11 Source: DVD 9 Size: 5.19 GB Genre: Sports Critics: N/A Published by: Konami Developed by: Winning Eleven Productions

Sistem Terdistribusi

sistem terdistribusi adalah sebuah sistem dimana komponen software atau hardware-nya terletak di dalam jaringan komputer dan saling berkomunikasi menggunakan message passing (Message passing adalah sebuah teknik untuk melakukan sinkronisasi dan komunikasi antara proses-proses yang saling berinteraksi). Ada juga yang mengatakan Sistem Terdistribusi adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komponen yang terdapat di dalam sebuah jaringan komputer. Komponen-komponen tersebut saling berinteraksi dan berkomunikasi hanya dengan melalui pengiriman pesan. Dengan menjalankan sistem terdistribusi, komputer dapat melakukan :  Koordinasi Aktifitas  Berbagi sumber daya : hardware, software dan data Dengan definisi tersebut diatas maka internet sesungguhnya bukanlah suatu sistem terdistribusi, melainkan infrastruktur dimana sistem terdistribusi dapat di aplikasikan pada jaringan tersebut. Contoh Sistem Terdistribusi 1. Internet: Jaringan komputer dan aplika

Tips untuk menghindari virus dari Flash Drive

Sering banget kan kita mendapat virus dari flashdisk atau removable disk lain ke dalam komputer kita. Virus-virus ini memang menyebalkan, seperti tamu yang ga diundang aja. Tiba-tiba nyelonong masuk ke dalam flashdisk, lalu menginfeksi komputer kita. Logikanya virus akan berjalan jika kita mengeksekusinya. Namun biasanya kita tidak pernah merasa mengeksekusi file yang mengandung virus, lalu kapan virus tersebut kita eksekusi?